17
Jun
09

Hausaufgabe 09

Bitte schreiben Sie Ihren Brief hier…..

31
Jan
09

Semarangstory

Hampir selama satu minggu saya (berdua dengan teman) mendapat kesempatan untuk bertugas ke Semarang dan Yogja untuk melaksanakan tes terpadu KIBI dan KIBA. Senang ? Jelas ! Karena tidak setiap tahun saya mendapat kesempatan seperti ini,meskipun kota yang dituju adalah Semarang yang sudah beberapa kali saya kunjungi bersama keluarga.Kesempatan kali ini benar-benar saya gunakan dengan sebaik mungkin, dalam arti jalan-jalannya 😀 Kalau untuk urusan tugasnya sih beres res lah (Risa gitu loh ). So saya akan menceritakan tentang jalan-jalannya saja. Senin pagi sekitar jam 9.10 (setelah delay selama kurang lebih 30 menit) saya berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air, tujuan pertama Semarang. Tiba di bandara Ahmad Yani Smrg sekitar jam 9.50 sudah ada yang menjemput, langsung menuju Kodam, sore hari setelah semua urusan selesai saya menyempatkan diri untuk mengunjungi mertua di Salatiga. Hari kedua, Selasa tanggal 21 Januari 2009 hari pertama pelaksanaan tes, wuiih pesertanya lumayan juga 85 orang, selesai sampai jam 16.30. Di hari itu ada mantan siswa yang mau ngajak jalan2jalan, asyik nih. Jam 7 malam orang yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga….., sementara dia juga sudah sangat ingin bertemu dengan saya (hehheee GR dikit gak pa pa kan ?!) Kami di ajak makan malam dan setelah itu keliling melihat Semarang di waktu malam., jam 10 malam saya diantar ke mess. Capek tapi menyenangkan.Hari ketiga, siang hari kami meluncur ke Yojyakarta, ini dia yang ditunggu2.Tujuan pertama ke rumah Bu Utet (mantan guru bahasa Jerman di sini), setelah meletakkan barang bawaan di kamar yang sudah disediakan kami langsung diajak (didrop denk) di Malioboro! (sekitar jam 2an) Senang meskipun sebetulnya masih lelah. Kami ngubek2 psar Beringharjo dan Malioboro sampe kaki rasanya gak karu2an….Sekitar jam setengah enam Bu Utet menjemput kami dan langsung diajak ke tempat makan favorit keluarga, Sapi Bali dengan menu iga bakar Hmmmm uenak banget!

Hari Kamis, kami ngetes di AAU, pesertanya tidak banyak hanya 26 orang saja, so hanya sekali main, jam 3 sore semua sudah beres. Sore itu juga kami masih menyempatkan jalan-jalan ke malioboro (gak bosan-bosan yach?!), cari oleh-oleh buat teman di kantor.Saya tidak banyak belanja karena takut repot nanti membawanya, so saya membeli yang simple-simpel saja. Setelah dirasa cukup kami pulang, wau ternyata sudah gelap…. Jam setengah sembilan malam rupanya, kami minta dipesankan taksi karena tidak enak kalau minta tolong untuk dijemput bu Utet. Sekitar jam 9 malam kami sampai langsung diminta untuk makan malam, kebetulan lapar banget sih. Setelah itu ngobrol, karena lama tidak bertemu jdi banyak sekali kami berbagi cerita. Tidak terasa waktu terus berjalan malam semakin larut, kami harus tidur karena besok pagi kami harus ke stasiun Tugu untuk kembali ke Jakarta.

Hmmmmm perjalanan dinas saya kali ini memang agak berkesan., senang, lelah puas, dan yang terpenting laporannya pun saya yang paling cepat menyerahkan…….

03
Jan
09

Tahun Baru

Saya mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2009” semoga di tahun yang baru ini kita mendapatkan semua apa yang kita harapkan dan cita-citakan 😀

30
Dec
08

Resolusi

Tahun 2009 sudah di depan mata, seorang teman bertanya kepada saya “Apa resolusimu di tahun 2009?” Tetapi sampai saat ini saya belum juga menentukan target atau keinginan apa yang harus dicapai di tahun tersebut. Bukannya saya tidak punya target apa-apa tetapi apa yang saya harapkan dapat dilaksanakan tahun 2009 sepertinya tidak akan pernah (sulit L) untuk terwujud. Bukan pesimis tapi yach memang begitu kenyataannya.

Berbeda dari tahun 2008, di penghujung tahun 2007 saya sudah menetapkan beberapa hal yang harus saya kerjakan di tahun 2008, dan Alhamdulillah semuanya dapat dicapai dengan memuaskan. Mulai dari awal tahun, pertengahan hingga akhir bulan Desember ini saya sudah menyelesaikan semua keinginan. Bisa dibilang tahun 2008 saya dapat meraih apa yang saya inginkan.

Bagaimana dengan tahun 2009????? Kok saya kurang bersemangat menghadapai pergantian tahun ini, entah kenapa ya! Sebenarnya ada sih tetapi itupun sebetulnya target saya untuk jangka panjang bukan yang harus diraih di tahun depan. Apa itu yang harus saya jadikan target for next year??

Setiap menjelang tahun baru banyak orang berbicara tentang resolusi, sebetulnya apa sih arti resolusi itu ? Karena penasaran saya mencoba melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia, menurut kamus edisi tahun 2005 ini Resolusi berarti Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.

Jadi rasanya kurang tepat bila kita menggunakan istilah resolusi untuk menentukan tujuan atau target ataupun janji kita yang hendak dicapai di tahun baru. Karena resolusi lebih tepat bila disebut sebagai tuntuan dari satu pihak ke pihak yang lain. Mungkin akan lebih tepat bila kita memiliki tuntuan terhadap diri kita sendiri dengan istilah janji atau komitmen. Ah sayang pada saat teman saya bertanya tentang resolusi saya belum membuka kamus, sehingga saya tidak dapat mengoreksi pertanyaannya.

12
Dec
08

Aduuuuh

Tanggal 3 Desember lalu sebetulnya hari yang paling dinanti oleh saya, karena sesuai dengan harapan pada hari tersebut dimulai workshop bagi para instruktur bahasa non Inggris. Program yang berguna bagi kami. Materi yang disampaikan kali ini adalah pembuatan materi soal ujian ala ADFELP, so kami diminta menyiapkan dan membuat soal yang kurang lebih sama dengan soal buatan orang Australi.

Di hari pertama saya merasa kurang enak badan, sepertinya mau flu. Saya jadi lebih banyak diam dan hanya menemani teman-teman yang mulai sibuk mengerjakan pembuatan soal. Sedih juga tapi mau gimana lagi kepala rasanya cekot-cekot plus kedinginan. Rasanya ingin cepat-cepat pulang ke rumah dan istirahat.

Sore hari ketika sampai di rumah segera saya ganti baju cuci muka, tangan dan kaki lalu langsung selimutan. Setelah maghrib saya paksakan makan sedikit dan minum vitamin. Setelah minum vitamin saya yakin besok harinya pasti akan lebih baik, karena memang biasanya begitu.

Pagi hari kepala masih agak pusing tetapi saya tetap berangkat kerja karena merasa yakin siang hari akan lebih segar. Ternyata keyakinan saya salah di sepanjang perjalanan saya tersiksa oleh sakit kepala yang sepertinya semakin kuat saja.

Sesampainya di kantor saya langsung ijin tidak mengikuti workshop dan memilih beristirahat di ruangan. Wah saya menyesal mengapa tidak mendengar perkataan anak saya yang meminta agar saya tidak usah berangkat kerja, tokh di kantor pun saya tidak bisa berbuat apa-apa karena sakit kepala yang luar biasa. Akhirnya saya berobat ke dokter, setelah itu pamit pulang. Jumat sakit kepala belum juga mau hilang, terpaksa saya tidak masuk lagi…..

Berlalulah workshop yang selama ini saya nanti-nantikan……. Satu pelajaran yang saya petik bahwa kita tidak boleh menggampangkan penyakit yang datang menghampiri dan kita tidak boleh terlalu berharap akan segala sesuatu.

26
Nov
08

Bebas

 

donalTanggal 25 November 2008 kemarin KIB Jerman resmi ditutup oleh Kapusdiklat Bahasa. Rasanya lega banget karena selama ini semua pikiran dan tenaga tercurah hanya untuk siswa dan siswa. Rasanya untuk tahun ini saya benar-benar cape karena semua hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar plus administrasinya murni dihandle oleh kami yang juga harus merangkap sebagai tenaga administrasi. Lumayan sih saya jadi banyak belajar, ambil hikmahnya saja. Belum lagi saya sempat ditinggal sendirian karena Herr Rafiq sakit selama 2 minggu dan Herr Popon ngajar di Papua, cape deh L. Sekarang meskipun sudah tutup bukan berarti kami para guru bebas lho….masih banyak yang harus dilakukan, seperti persiapan materi pelajaran, revisi soal ujian, materi tambahan dll.

Memang serasa ada yang hilang setelah kursus ditutup,karena biasanya setiap pagi saya langsung sibuk dengan siswa dan kelas. Sekarang jadi ada waktu untuk sarapan…… J.

Rencana untuk bulan Desember ini, katanya sih untuk seluruh guru non bahasa Inggris akan ada TOT, wah senangnya J ini yang saya nantikan. Mudah-mudahan apa yang saya inginkan dapat terkabul.

 

09
Oct
08

Aufgabe

Bitte berichten Sie, wie verbringt man seinen Feierabend?

Und erzählen auch, wie verbringen Sie Ihren Feierabend?